Cara Menambah Kapasitas Memory RAM dan Mempercepat Android

RAM (Random Acces Memory) berguna untuk menyimpan semua data program yang dijalankan secara sementara. RAM merupakan alat yang sangat vital yang tersemat di smartphone. tanpa adanya RAM, data yang ada tidak akan tersimpan. Pentingnya memiliki kapasitas RAM yang besar karena daya tampung juga akan semakin luas, sehingga jika kita sering menjalankan berbagai macam program aplikasi semua data yang ada akan tersimpan dengan baik, tanpa tersendat-sendat atau aplikasi berhenti secara tiba-tiba.

RAM yang sudah banyak di gunakan di smartphone android juga bervariasi, ada yang berkapasitas mulai dari 256 MB, 512 MB, 1 GB, sampai 4 GB. Semakin besarnya kapasitas RAM pada smartphone sangat memudahkan pengguna smartphone untuk menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan/ multitasking dengan baik.

Namun hal ini tidak dapat di nikmati oleh pengguna smartphone android kelas bawah, karena Kapasitas RAM yang tersemat di smartphone hanya di bawah 1 GB. Hal ini membuat kegiatan multitasking akan mengalami gangguan. Untuk itu bagi kamu yang mempunyai smartphone kelas bawah kamu bisa melakukan tips dan trik di bawah ini agar kegiatan multitasking lebih baik.

Install Swapper for Root
Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk meringkan beban RAM internal android. Aplikasi ini bekerja sebagai virtual ram, maksudnya aplikasi ini hanya sebagai bayangan RAM yang mampu membantu kinerja RAM internal dari foreground dan background.

Langakah-langkah untuk menginstalnya :
1. Android kamu harus terlebih dahulu dalam keadaan root atau sebagai super user
2. Download Swapper for root, kemudian instal
3. Buka aplikasi dan centang tanda active swap on boot
4. kemudian Pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
5. Selanjutnya isilah kolom value kapasitas RAM terserah. Besarnya Swap RAM tergantung dengan besarnya kapasitas memori ekternal
6. pilih save
7. tunggu sebentar
8. terakhir restart smarphone anda, agar efek swap RAM berjalan
 

Gunakan Aplikasi DU Speed Booster untuk Menambah Performa Smarthone 
Salah satu cara paling mudah untuk menambah performa smarthphone adalah dengan memakai aplikasi DU Speed Booster. DU Speed memiliki fitur Boost, fitur ini cara kerjanya ialah menutup aplikasi dan menghapus RAM aplikasi yang sedang tidak digunakan. Cara menggunakanya sangatlah mudah cukup dengan membuka notify pemberitahuan/ memunculkan ikon boost dan tinggal hanya di tekan, lalu aplikasi ini otomatis menjalankan tugasnya. Selain fitur boost, du speed ini juga mempunyai fitur lain yang tidak kalah dengan fitur boost. fiturnya yakni Akselelator Kecepatan, Pembersih Sampah, Pengelola Aplikasi, dan Keamanan. 

DU Speed Booster ini gratis, kamu  bisa mengunduhnya di sini
Previous
Next Post »
Thanks for your comment